Wednesday 21 November 2012

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Di masa modern seperti sekarang ini segala aktivitas dilakukan dengan mengutamakan kecepatan waktu. Tak heran jika alat transportasi saat ini begitu membludak. Mulai dari roda dua, roda tiga, roda empat, hingga yang tanpa roda (kapal laut). Hehe. Semua itu difungsikan untuk memudahkan manusia sekaligus memperhemat waktu dalam melakukan aktivitas perpindahan tempat. Namun hal tersebut tak lantas luput dari kekurangan. Membludaknya alat transportasi mau tak mau membuat seseorang jarang melakukan jalan kaki, dengan kata lain manusia kini terlalu dimanjakan oleh alat transportasi. Padahal dengan berjalan kaki secara rutin dalam waktu tertentu merupakan salah satu investasi jangka panjang kita agar terbebas dari berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat dari berjalan kaki.



1.      Terhindar Dari Resiko Penyakit Diabetes Tipe 2
Program pencegahan diabetes memperlihatkan, jalan kaki 150 menit per minggu akan mengurangi 7 persen berat badan Anda atau sekitar 7 kg. Lebih penting lagi mampu menurunkan penyakit diabetes hingga 58 persen. Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki. Maka secara otomatis kadar gula atau glukosa didalam tubuh akan bekerja di setiap jaringan sel dalam tubuh anda. sehingga kadar gula atau glukosa tersebut tidak terkonsentrasi atau menumpuk di dalam darah anda. sehingga anda akan terhindar dari penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan kadar gula yang tinggi didalam darah anda. 
 
2.      Terhindar Dari Resiko Penyakit Jantung
Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki. Maka manfaatnya akan terasa sekali. Manfaat tersebut yaitu menghindarkan anda dari penyakit seperti serangan jantung. Karena berjalan kaki dapat menormalkan degup jantung. Oleh karena itulah selingi aktivitas sehari –hari anda dengan berjalan kaki serta jangan sering duduk terlalu lama.
 
3.      Terhindar Dari Resiko Penyakit Stroke
Tengok saja bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Salah satu studi terhadap 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.
 
 
 
4.      Mengurangi Resiko Kanker Payudara Dan Kolon
Wanita yang berjalan secara rutin 65 menit hinga 135 menit per minggu bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kolon hingga 18 persen dibandingkan wanita yang tidak aktif. Studi memperlihatkan, olahraga dapat mencegah kanker kolon. Untuk orang yang telah terkena kedua kanker, olahraga mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi angka kematian.
 
5.      Menguatkan Jantung Pria
Dalam sebuah penelitian, tingkat kematian pada pria pensiun yang berjalan kaki kurang dari 1 mil per hari dua kali lebih banyak dibanding mereka yang  menempuh jarak 2 mil per hari.
 
6.      Menguatkan Jantung Wanita
Studi yang dilakukan pada 72.488 wanita memperlihatkan, jalan kaki 3 jam per minggu akan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau jenis penyakit jantung lain.
 
7.      Dapat Meredakan Encok Lutut
Dengan membiasakan diri berjalan kaki cepat atau memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa mereda. Untuk mereka yang mengidap encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.


8.      Menstabilkan Berat Badan
Mulai kelebihan berat badan? bisa diturunkan Kelebihan gajih di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki cukup laju paling kurang satu jam. . Studi yang dilakukan pada pejalan kaki wanita memperlihatkan, jalan kaki singkat sekitar 10 menit per hari pun punya efek buat kesehatan. Hasilnya akan terlihat pada peningkatan kebugaran dan pengurangan lemak di tubuh, kalau dilakukan hingga 30 menit per hari.
 
9.      Menguatkan Daya Tahan Tubuh
Riset memperlihatkan, jalan kaki bisa meningkatkan kebugaran dan fungsi kerja tubuh serta melindungi tubuh dari penyakit degeneratif pada orang lanjut usia. Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki. Maka mampu meningkatkan sIstem kekebalan tubuh anda. sehingga anda tidak mudah terserang penyakit. Karena kekebalan tubuh anda terjaga dengan baik. Selain itu, dengan melakukan aktivitas berjalan kaki, maka anda akan kelihatan lebih awet muda dan serta memiliki kondisi yang sehat, bugar dan segar setiap waktu. Jadi jangan tunggu lagi, untuk melakukan aktivitas jalan sehat setiap hari. 
 
10.  Baik Untuk Kesehatan Tulang
Riset memperlihatkan bahwa wanita menopause yang berjalan kurang lebih 1 mil per hari memiliki kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang  sedikit berjalan kaki, dan jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.
 
11.  Mencegah Osteoporosis Dini
Gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis.
 
12.  Dapat Mengobati Depresi
Nah yang saya ketahui lagi, ternyata berjalan kaki juga dapat,bisa menggantikan obat antidepresan yang harus diminum rutin. Berjalan juga meningkatkan kesehatan mental seseorang. Jika berjalan di luar ruangan, kombinasi udara segar dan latihan ini adalah cara yang bagus buat meningkatkan moral dan suasana hati.
 
13.  Baik Untuk Fungsi Otak
Dalam studi tentang jalan kaki ditemukan, wanita yang berjalan 1,5 jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik daripada mereka yang hanya berjalan 40 menit per minggu.
 
Nah, tunggu apa lagi untuk memulai langkah kecil yang membawa banyak perubahan besar kelak dalam dunia kesehatan AndaJ

1 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.